Sabtu, 09 Mei 2015

Tips mudah menulis artikel blog

Tips mudah menulis artikel blog
Tips mudah menulis artikel blog

Tips mudah menulis artikel blog - Untuk menulis artikel blog mungkin akan terasa sulit bagi beberapa penulis blog, terutama blogger newbie seperti saya ini. Dulu pertama kali saya memulai ngeblog rasa nya sulit sekali untuk mengungkapkan ide kita dengan kata-kata. Banyak alasan yang membuat penulis blog sulit untuk menulis blog, mungkin sulit untuk merangkai kata-kata, mencari ide, dan masih banyak lagi. Jika dibiarkan begitu saja,hal tersebut akan membuat kita sendiri jadi malas untuk membuat artikel blog yang benar benar orisinil. Untuk itu kali ini saya akan memberikan beberapa tips menulis blog yang bisa sobat baca di bawah ini.

1. Cari referensi/inspirasi
Hal pertama yang harus sobat lakukan untuk menulis blog adalah kita harus mencari inspirasi apa yang akan kita tulis nantinya. Banyak cara yang bisa kita jadikan sebagai media inspirasi misalnya, buku, forum online, toko buku, artikel blog orang lain, koran dan lain lain.

2. Rajin membaca
 Untuk menulis artikel blog tentunya kita juga harus membaca, banyak alasan mengapa saya menyarankan sobat untuk membaca salah satu nya adalah untuk mendapatkan informasi apa yang akan kita tulis nantinya. Bagi sobat yang kebingungan mencari ide untuk menulis blog bisa juga mengikuti tips yang satu ini karena membaca bisa saja memberi sobat ide menarik yang akan ditulis nantinya. Membaca juga baik untuk penulis blog pemula, karena membaca kita bisa memahami bagaimana cara menulis artikel yang menarik untuk dibaca nantinya.

3. Gunakan bahasa yang santai
 Menggunakan bahasa yang santai bertujuan agar artikel kita nantinya tidak bersifat kaku karena menggunakan bahasa yang terlalu formal dan sulit dimengerti oleh pembaca. Bila sobat menggunakan bahasa yang santai kemungkinan pembaca tidak akan jenuh membaca artikel sobat.

4. Dapat ide? langsung tulis
 Ide muncul tidak peduli dimanapun dan kapan pun. Entah itu ketika sobat ketika di perjalanan atau pun ketika sobat akan tidur ide itu bisa muncul dengan sendirinya. Jika sobat menunda nunda ide tersebut untuk ditulis, kemungkinan sobat akan lupa apa yang akan ditulis dari ide tadi tentunya.

5. Biarkan ide mengalir
 Ini adalah hal yang sangat penting dilakukan dalam menulis artikel blog, karena ide merupakan salah satu komponen utama apa yang akan ditulis nantinya. Dengan itu berarti kita biarkan ide itu mengalir dengan sendirinya lalu kita tulis ide tersebut di media tulis.

6. Gunakan tanda baca
Menggunakan tanda baca sangat perlu diberikan, agar pengunjung tidak bingung nantinya dengan tulisan kita yang tidak memiliki tanda baca. Namun untuk memberikan tanda baca saya sarankan diberikan pada saat tahap akhir saja agar apa yang kita tulis tidak akan lupa nantinya karena memikirkan tanda baca yang akan digunakan.

7. Cari tempat dengan suasana yang nyaman
Tempat dengan suasana yang nyaman juga bisa mempengaruhi kita dalam menulis blog karena ditempat yang nyaman kita bisa berkonsentrasi dengan baik. Coba bandingkan jika sobat menulis ditempat tenang dan dingin dengan ditemani alunan musik pelan dan bandingkan dengan menulis di tempat yang ribut dan panas tentunya akan lebih mudah untuk menulis ditempat yang nyaman tentunya, maka dari itu cari lah tempat yang menurut sobat nyaman ketika menulis blog.


Untuk memulai menulis pertama kali jangan langsung patah semangat karena hasil dari tulisan artikel kita yang tidak menarik untuk dibaca, justru kita harus bisa belajar dari kesalahan kita sekarang untuk lebih baik lagi. Dengan saya berikan beberapa “tips menulis artikel blog” saya harap sobat bisa termotivasi agar menulis artikel yang orisinil, bukan copy-paste. Jika sobat masih kebingungan tentang beberapa tips diatas bisa bertanya melalui kolom komentar yang tersedia dibawah :D