Jumat, 01 Desember 2017

Revitalisasi Pancasila Dalam Upaya Membangun Generasi Muda Antikorupsi


Pancasila merupakan ideologi dasar Negara Indonesia. Yang terdiri dari dua kata sanskerta: “panca” yang berarti lima dan “sila” yang berarti asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.  Pancasila berisi lima sila atau asas yang terdiri dari Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Lima sila tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu dapat diistilahkan “Eka Pancasila” yang berarti lima sila dalam kesatuan yang utuh.

Dewasa ini, Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia sudah semakin tergeser dari fungsi dan kedudukannya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran dari bangsa Indonesia terhadap Pancasila sebagai dasar Negara dan hukum yang ada di Indonesia.
Baru-baru ini kita dikejutkan oleh kasus korupsi yang dilakukan oleh ketua DPR RI. Hal ini sangat merugikan Negara dan rakyat, yang seharusnya menjadi penyalur aspirasi demi kemajuan dan kesejahteraan Negara Indonesia. Apakah kejadian ini merupakan penyimpangan terhadap Pancasila?

 “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.”

Pada sila ke-4 mengandung makna suatu pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat dengan cara musyawarah mufakat melalui lembaga-lembaga perwakilan. Secara sederhana, pemerintahan  yang dimaksud adalah melibatkan segenap bangsa yang tergabung dalam pemerintahan dan kemudian adalah peran rakyat yang diutamakan.

Kejadian semacam ini bukanlah pertama kalinya terjadi di Indonesia. Sebelumnya  banyak terjadi kasus korupsi yang dilakukan oleh pejabat-pejabat Negara. Apakah nilai-nilai luhur Pancasila sudah mulai luntur? Apa yang perlu dilakukan?

"Revitalisasi Pancasila"

Apa itu revitalisasi Pancasila? Revitalisasi Pancasila adalah usaha bersama seluruh komponen bangsa Indonesia untuk mengembalikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai pijakan berpikir dan bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana caranya?

Melihat pada kondisi seperti di atas, maka solusi yang dapat dilakukan adalah membangun generasi muda yang anti korupsi dengan merevitalisasi kembali pancasila sebagai ideologi, tujuan, maupun pandangan hidup bangsa pada generasi muda. Penekanan jiwa nasionalisme pada generasi muda tidak cukup dilakukan dengan hanya mewajibkan mengikuti upacara bendera, memperingati hari besar nasional, atau sekedar mengikuti perlombaan untuk memperingati hari kemerdekaan saja, tetapi lebih ditekankan pada penanaman dalam diri sebagai bentuk mentalitas generasi muda. Jangankan untuk memaknai dari falsafah pancasila, karena pada kenyataannya saja masih ada generasi muda yang tidak hafal sila-sila di dalam pancasila.

Generasi muda merupakan bibit awal pemimpin negara dan pemimpin merupakan penggerak serta motivator seluruh komponen bangsa untuk menjalankan kehidupan nasional. Termasuk di dalamnya juga menjadi pemimpin negara yang anti korupsi. Jadi, sudah menjadi kewajiban untuk menekankan nilai-nilai pancasila sejak usia dini agar tercipta mental nasionalisme yang kuat sehingga kasus korupsi tidak akan terjadi lagi.